HAL-HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN OLEH GURU DALAM PRAKTIKUM



Dalam mempersiapkan pelaksanaan praktikum di laboratorium, maka hal-hal yang perlu dipersiapkan antara lain alat-alat dan bahan-bahan kimia, perlengkapan praktikum, buku petunjuk praktikum, jadwal pelaksanaan, dan kesiapan guru. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mendesain suatu kegiatan praktikum adalah tujuan praktikum yang diinginkan dan penentuan teori yang sesuai dengan mata praktikum, serta bagaimana menentukan dan memilih alat dan bahan kimia yang sesuai dan tepat dalam praktikum.

Mengingat jumlah peserta didik yang akan melakukan praktikum di suatu sekolah relatif banyak, sedangkan alat-alat dan bahan-bahan kimia yang tersedia jumlahnya terbatas (tidak memadai), serta waktu dan tempat yang juga terbatas, maka perlu dipikirkan berbagai kemungkinan agar kegiatan praktikum dapat dilakukan sesuai dengan situasi dan kondisi yang paling memungkinkan. Beberapa alternatif yang dapat diambil antara lain :
1.    membagi peserta didik menjadi sejumlah kelompok sesuai dengan jumlah unit alat kimia yang ada untuk satu macam kegiatan praktikum, atau untuk beberapa macam kegiatan praktikum yang dilaksanakan bergantian.

2.    jika alat kimia yang ada hanya 1 unit, maka guru melakukan demonstrasi, peserta didik mengamati secara bergantian (tidak seluruh peserta didik mengamati dalam waktu bersamaan, karena tidak efektif). Guru seharusnya mencoba terlebih dahulu sebelum demonstrasi untuk mengantisipasi kemungkinan kegagalan percobaan. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment